Desain Panggung Yang Baik adalah ...

Berdasarkan pengalaman kami, khususnya dalam mendesain panggung, apalagi, dengan tematik khusus, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat desain tersebut. Hal ini, kadang tidak diperhatikan secara seksama oleh panitia acara atau client yang akan membuat acara. Padahal, ini sangat berperan untuk menjadikan panggung sebagai tempat yang sesuai dan nyaman.


  1. Lokasi Acara dan Dimensi-nya. Perlu diperhatikan mengenai dimensi ruangan yang akan dipergunakan pada acara. Dimensi tadi, tidak hanya mencakup panjang x lebar ruangan saja, tapi perlu mempertimbangkan juga ketinggian ceiling dari bagian bawah lantai. Setelah mengetahui mengenai dimensi ruangan, maka, kita harus memperkirakan luas yang ideal untuk ukuran panggungnya. Luas yang ideal ini, kembali lagi kepada kebutuhan, jika harus memasukkan audiences dalam format round table, pertimbangkan penempatan posisi round table agar jangan terlalu berdekatan, sehingga audiences masih nyaman untuk keluar dari kursinya. Jangan lupa juga untuk memperhatikan ornamen - ornamen statis yang ada di area acara, misalnya ada dua buah pilar di kanan dan kiri area yang direncanakan untuk membuat panggung, atau ada chandeliers berukuran besar tepat di tengah area yang akan dipergunakan untuk panggung dan seterusnya. Dengan informasi yang jelas mengenai hal ini, maka, pada saat mendesain, kita sudah memiliki gambaran berapa ukuran panggung, berapa tinggi backdrop, berapa maksimal tinggi untuk screen, jarak tembak untuk projector ke screen dan seterusnya. 
  2. Tujuan dan Fungsi Utama dari Panggung. Jika membuat panggung dengan tujuan untuk mempresentasikan sebuah produk melalui layar visual yang besar, kemudian, pada saat rangkaian acaranya, tidak ada banyak orang yang akan perform diatas panggung, maka, kita dapat mempertimbangkan untuk membuat ukuran panggung yang tidak terlalu lebar. Namun, jika ada banyak performances dengan komposisi orang yang tidak sedikit, perlu dipertimbangkan untuk membuat panggung berukuran besar, sehingga dapat mengakomodir semua pengisi acara. 


Segitu dulu yang bisa di share sama kami, berhubung mau berangkat meeting, akan kami sambung lagi di kemudian hari :)

0 comments:

Post a Comment