Pembuatan Panggung Acara Drama

Untuk sebuah acara drama musikal yang diadakan dalam rangka perayaan hari keagamaan, berpusat di Plaza Bapindo, Menara Bank Mandiri, Jakarta, kami membuatkan desain yang sederhana sesuai dengan permintaan dari client, yang sebenarnya agak sedikit membingungkan :) Karena diatas client kami, ada client lagi, dimana client dari client itu, juga tidak satu orang, tapi dengan beberapa orang yang semuanya merasa memiliki pendapat dan membuat kami jadi bingung. Yang lucu-nya lagi, setelah desain kami selesai dan kami ikut bersama client kami untuk mempresentasikan desain tersebut, client dari client itu malah bingung, kenapa? karena apa yang sudah mereka sampaikan perihal keinginan mereka dalam desain panggung tersebut, tidak disampaikan oleh client kami kepada kami. Bingung nggak sih yang baca, heu..heu..biar bingung semuanya :)

Dalam posisi sebagai vendor, posisi kita memang kerap rawan untuk jadi kambing hitam, meskipun kita bukan kambing tentunya, dan kita tidak hitam juga, tapi, peluang untuk jadi pihak yang disalahkan agak besar. Kenapa? Client kami kebanyakan perusahaan Event Organizer dan ya nggak semuanya Event Organizer juga bisa bekerja dengan profesional, bisa menangkap dengan baik apa maunya client dan bisa menterjemahkan dengan baik untuk disampaikan kepada kami, dan kadang juga sudah mencatat apa yang diinginkan oleh client, tapi tidak disampaikan kepada kami :) 

Pembuatan panggung acara drama ini sebenarnya sederhana secara konstruksi desain, karena hanya terdiri dari dua backdrop utama yang mengapit frame screen pada bagian tengah di ketinggian level 60 cm, dan dua backdrop lagi mengapit di kedua sisi pada ketinggian level 10cm, setelah itu, di penghujungnya adalah frame screen ukuran yang sama dengan centre. Level 60 cm beruran 12.20 x 6.10 dan sisi kanan kiri level 10 cm berukuran 7.32 x 4.88 m. Pada level 60 cm, dipergunakan sebagai main activity dari drama musikal tersebut, sementara sisi level 10 cm dipergunakan untuk band, orchestra dan sajian musik tradisional. Pada level 60 cm, di bagian ujung tepat di depan screen, kami juga buatkan undakan tambahan 20 cm, dan di ujung kanan kiri terdapat akses untuk keluar masuk pengisi acara. Ujian sesungguhnya dari produksi panggung, apalagi ketika acara musikal, tari - tarian, awarding dan sejenisnya yang menghimpun audiences yang harus naik ke atas panggung dalam jumlah yang tidak sedikit, ataupun gerakan - gerakan lompat, loncat dan sejenisnya. Karena kekuatan modul panggung berikut dengan kaki dan tahanan modul, harus dalam kondisi sangat baik. Drama musikal ini pun tidak terlalu banyak tarian, meskipun ada sekitar 40an orang yang naik ke atas panggung bersamaan, jadi, relatif masih aman, tentunya dengan memastikan pemasangannya baik dan presisi. 

0 comments:

Post a Comment