Buat Panggung Sederhana, Kembalikan Pada Fungsi



Buat panggung sederhana, sebenarnya nggak ada yang ngelarang juga lho. Barangkali karena kita sebegitu peduli-nya akan tanggapan orang pada diri kita, tanggapan orang lain pada perusahaan tempat kita bekerja dan sedang menjalankan acaranya, termasuk kita juga jadi peduli akan persepsi mengenai acara yang sempurna dan baik adanya adalah dengan panggung yang mewah, megah dan mahal. Benarkah begitu ? 


Ini adalah artikel yang kesekian yang membahas mengenai kesederhanaan dalam pembuatan panggung. Seperti pada artikel sebelumnya, penekanannya adalah tentang apa sebenarnya tujuan acara yang kalian adakan ? Kalau tujuannya adalah mengadakan acara launching untuk memperkenalkan produk yang baru saja di launching dan kebetulan produk tersebut dipersepsikan sebagai produk mahal dan memiliki target market kelas premium, maka, sangat penting untuk membuat panggung dengan desain yang elegan, mewah dan megah. 

Tapi, kalau acara kalian adalah sebuah perlombaan cerdas cermat untuk internal perusahaan atau antar divisi di perusahaan yang sama, ya nggak perlu juga untuk membuat desain panggung yang sama seperti produk mahal tersebut diatas. Kalian bisa desain dengan sederhana, dan dalam proses desain itu, yang perlu diutamakan adalah mengenai apa sebenarnya tujuan utama acara dan bagaimana panggung bisa berperan mencapai tujuan tersebut. Kalau tujuan dari perlombaan cerdas cermat, adalah menghasilkan pemenang dengan lomba yang seru, dengan peserta yang bisa nyaman dan aman untuk lompat lompat diatas panggung, maka, nggak perlu juga lah bikin desain panggung bertema tertentu yang complicated, apalagi mewah. Kalian bisa tampil dengan kesederhanaan, ornamen artistik yang membuatnya jadi beda, dan kembalikan semua kepada fungsi utama dari panggung, dari backdrop pendukungnya, dari ornamen artistiknya, kembalikan pada fungsinya. 

Jadi sederhana bukan berarti murahan, sederhana bisa berarti kalian sudah menyiapkan panggung sesuai dengan fungsi utama panggung. Elemen lain mungkin adalah pendukung, tapi tetap dibungkus dalam kesederhanaan, dan fungsional. Dengan kesederhanaan ini, kalian juga bisa membelanjakan anggaran untuk kebutuhan panggung dengan lebih bijak, sehingga anggarannya bisa dialihkan untuk kebutuhan lain di rangkaian acara. 


0 comments:

Post a Comment