Pengertian Panggung adalah ...



Kita sering melihat panggung, membuat panggung untuk sebuah acara, tapi pas ditanya panggung itu apa?? kadang kita menjelaskan sekenanya, bahwa panggung adalah tempat untuk perform, panggung adalah area untuk acara utama dan jawaban - jawaban lain sekenanya logika kita pada saat ditanya. Nah, izinkan kami sedikit berbagi mengenai apa sebenarnya definisi panggung yang komprehensif dari beberapa sumber yang kredibel. 

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pang-Gung adalah
(1) Lantai yang terbuat dari papan, bambu dan sebagainya, yang diberi bertiang. Pengertian (2) Panggung adalah bangunan yang agak tinggi, lantainya bertiang. (3) Panggung adalah lantai yang agak tinggi, tempat bermain sandiwara, berpidato dan sebagainya; pentas: biduan itu sudah biasa bermain di --; dan yang terakhir (4) Panggung adalah tempat yang agak tinggi ( di stadion, gelanggang pacuan kuda, dan sebagainya ) untuk menonton; mengacu pada nomor 4 ini, kita bisa samakan panggung dengan tribun penonton.

Karena definisi yang berbeda itu, tentu saja, kita bisa menyesuaikan definisi-nya dengan tujuan kita untuk apa sebuah panggung dibuat. Meskipun ada banyak macam material yang bisa digunakan, namun sudah jelas, bahwa fungsi panggung adalah tempat bermain sandiwara, berpidato, artinya, kita bisa menyamakan bermain sandiwara dengan pertunjukan lain yang akan kita pentaskan. 

Kalau definisi sudah cukup jelas, maka, yang perlu kita perjelas lagi adalah apa fungsi-nya panggung itu dibuat, apakah sekedar untuk bermain sandiwara?? Kalau iya, berapa banyak pemainnya, apa saja atraksi yang akan ditampilkan diatas panggung?? Dengan demikian kita bisa mengetahui, berapa ukuran panjang x lebar panggung yang ideal untuk acara kita ? Menggunakan material apa panggung tersebut agar pengisi acara-nya dapat perform dengan perasaan nyaman dan enjoy berada di atas panggung tersebut?? Hal - hal yang dasar inilah yang kadang - kadang kita lupakan ketika memutuskan akan membuat sebuah panggung. Yang dipentingkan adalah unsur artistik-nya saja tanpa berpikir mengenai apa fungsi utama dari panggung tersebut. Diskusikan kebutuhan panggung kalian bersama kami di buatpanggung.com untuk mendapatkan panggung yang ideal baik secara fungsi maupun secara tampilan artistik. 


0 comments:

Post a Comment