Panggung Musik Minimalis



Ok, sebagaimana sering kami bahas dalam artikel sebelumnya mengenai panggung atau lebih tepatnya mengenai pembuatan panggung, mari kita teliti benar, untuk apa atau apa sih fungsi dari panggung yang ingin kalian buat ? Jangan sampe karena terinspirasi atau melihat dari acara - acara perusahaan lain misalnya, atau melihat panggung yang terlihat mewah, gagah dan elegan pada sebuah acara, mendadak kita jadi
latah pengen bikin yang sama juga. Masuklah ke dalam acara yang akan anda buat itu, lalu, bayangkan, apa saja sih acara yang akan berjalan atau acara apa sih yang akan dipentaskan di atas panggung tersebut. Apakah sebuah acara penghargaan dengan minimal 50-an orang yang akan naik ke atas panggung ? apakah sebuah acara peresmian produk dimana diatas panggung nanti selain akan hadir jajaran direksi juga akan ada performance dari group tari misalnya ?? Atau memang hanya berfungsi untuk menampilkan sebuah group band saja diatas panggung yang akan dibangun tadi ?

Kalau pertanyaan itu sudah berhasil dijawab, mari kita bergerak ke pertanyaan berikutnya. Rencananya, dimana sih panggung ini akan ditempatkan ? Apakah di lapangan parkir yang luas? apakah didalam lobby kantor dengan keterbatasan luas area-nya? atau di Ballroom Hotel barangkali ? Jika ini sudah berhasil dijawab, lanjutkan dengan pertanyaan berikutnya, berapa sih ukuran yang ideal dengan luas tadi dan rangkaian acara plus para performers yang akan tampil diatas panggung ?

Kalian perlu menjawabnya dengan membayangkan secara detail, "Oooh, nanti kan akan ada dancers, kira-kira 10 orang, tapi juga ada band dengan semua equipment-nya, lalu akan ada ceremonial peresmian dalam bentuk ?? " Kalau itu sudah, berarti kita akan dapat gambaran, seperti apa dan seluas apa panggung yang harus kita buat. Sama nih, seperti teman - teman di Air Asia, kala mereka membuat event gathering di area kantor-nya, mereka dengan seksama melakukan observasi detail pada apa yang akan ditampilkan diatas panggung, di lokasi mana mereka akan menempatkan panggung itu dan seberapa besar ukuran ideal-nya. 

Karena sudah tahu jawabannya, bahwa panggung yang akan mereka bikin akan dipergunakan hanya untuk penampilan sebuah group, akan ada MC yang naik ke panggung, BOD yang memberikan sambutan dan tidak ada acara tari - tarian, ditambah lagi, area-nya juga terbatas, maka, jadilah panggung musik minimalis seperti pada foto diatas. Tidak besar, juga tidak terlalu kecil, namun pas untuk penampilan sebuah group band dan equipment-nya, serta cukup ideal untuk BOD naik dan mengundang beberapa orang internal mereka untuk naik di panggung yang sama. Oleh karenanya, alangkah lebih baik, demi kesuksesan rangkaian acara yang akan dijalankan, maka berdiskusi bersama kami akan menjadi lebih jelas dan lebih cepat keluar estimasi biaya dan gambaran seperti apa panggungnya, ketika pertanyaan - pertanyaan diatas dapat dijawab berdasarkan data yang didapat setelah melakukan observasi. Jadi, hubungi kami untuk berdiskusi mengenai kebutuhan panggung yang fungsional. 

0 comments:

Post a Comment