Ukuran backdrop yang ideal ? (part #1)




Ini adalah salah satu pertanyaan yang sering diajukan calon client kami pada saat pertama kali mereka menghubungi kami. Pertanyaan yang lebih seringnya adalah berapa biaya yang diperlukan untuk membuat backdrop ? Dan anehnya, pertanyaan yang mengenai biaya, malah lebih sering ditanyakan lebih dulu, tanpa mereka tahu dulu, berapa sih sebenarnya ukuran backdrop yang mereka akan buat ?? Agak aneh sih, ibaratnya kita beli baju, kita langsung tanya harganya tanpa tanya dulu ukurannya. Kalau saya sih, pas mau beli baju, saya cobain dulu atau setidaknya saya tanya dulu ukurannya, baru saya tanya harganya dan kalau kemahalan, ditawar ya, dan kalau nggak dapat juga pas ditawar, ya cari aja di toko lain..hehehehehe.


Balik lagi ke backdrop ya, pertanyaan mengenai berapa ukuran yang ideal, sebenarnya nggak ada panduan dan nggak ada aturan yang sama - sama sudah disepakati seperti aturan mengenai lampu lalulintas kalau merah ya harus berhenti. Ini sebenarnya merupakan sebuah pandangan yang subjektif banget, karena ini berdasarkan taste, berdasarkan kesesuaian yang sesuai dengan selera hati dan enak dipandang aja. Ukuran backdrop yang ideal, yang sudah pasti adalah, ukuran backdropnya nggak boleh lebih panjang dari ukuran ruangan tempat acara, hahahaha, ya iya lah kalau kepanjangan mana bisa tuh backdrop dipasang. Aturan yang sudah pasti yang kedua adalah, tinggi backdrop nggak boleh lebih tinggi dari tinggi ceiling ruangan. Sama aja ya .... 

Kenapa dua itu saya tulis, karena kebanyakan, mereka yang telp, langsung mengajukan pertanyaan mengenai harga. Dan ketika saya tanyakan kembali, berapa ukuran backdropnya? mereka nggak tau. Lalu Saya tanyakan lagi, berapa ukuran panjang x lebar ruangan tempat acara ? Mereka juga belum tanya ke pengelola tempat acaranya. Dan kalau sudah pertanyaan terakhir dikasih jawaban kayak gitu, selesai deh. Tepok jidat saya :) 

Pertama, sebelum kita mengetahui ukuran backdrop yang ideal, maka kita harus lengkapi diri dulu dengan survey lokasi, atau setidaknya meminta data dari pengelola tempat acara yang akan kita gunakan, untuk mendapatkan layout area acaranya. Di layout ini biasanya akan tertera dimensi panjang x lebar ruangan, dan mungkin juga akan ada keterangan mengenai tinggi ceiling-nya. Kalau dari situ sudah ada informasinya, maka ini akan mempermudah kita dalam menentukan ukuran backdrop yang ideal. 

Kita lanjutkan di bagian kedua ya ... 

0 comments:

Post a Comment