Ukuran backdrop yang ideal ? (part #2)




Melanjutkan bagian pertama mengenai ukuran backdrop yang ideal, maka saya kembali lagi nih. Setelah dibagian pertama kita mengetahui dimensi ruangan dan tinggi ceiling-nya, maka kita melangkah ke bagian kedua. Bagian kedua ini, ada pertanyaan juga yang harus kita jawab. Apakah backdrop tersebut akan menjadi latar belakang dari panggung atau backdrop ini hanya akan berdiri sendiri tanpa level panggung ? Jika panggung berdiri sebagai latar belakang sebuah panggung, maka kita tentukan dulu ukuran panggungnya. 


Ilustrasi sederhananya begini, kita buat acara di ruangan berukuran panjang x lebar = 20 x 10 meter. Kemudian di ruangan itu, kita akan membuat panggung berukuran 6 x 4 m, dimana sisi 6 m akan memanjang di bagian lebar ruangan. Jadi 6 meter akan ditempatkan di bagian lebar ruangan yaitu 10 m. Ok, sudah ada progress-nya nih, kita sudah mengetahui bahwa ukuran panggung panjang 6 m dan lebar 4 m. Backdrop sebagai latar belakang akan berada di bagian 6 m, nah, inilah saatnya kita untuk menentukan ukuran ideal dari backdrop tersebut. 

Kalau dari pengalaman, yang ideal adalah ukuran backdrop yang menjadi latar belakang panggung mengikuti panjang ukuran panggung. Jadi dalam hal ini, backdrop yang ideal untuk panggung berukuran 6 x 4 m, adalah 6 meter. Jika dibuat kurang dari 6 m, maka akan ada sisi panjang panggung yang tidak tercover dengan backdrop, artinya, ada bagian di belakang backdrop yang akan terlihat, ada bagian dari tembok (mungkin) yang akan terlihat juga. Dan kalau yang terlihat ini tidak dicover dengan backdrop juga, nggak masalah juga sih, tapi kok kelihatannya kurang sedap dipandang mata. Atau, kalau mau disiasati dengan penggunaan tanaman sebagai penghias di kanan kiri yang belum tercover oleh backdrop juga akan tampak manis. 

Nah, gimana kalau ukuran backdropnya dibuat lebih panjang daripada ukuran panjang panggung ? Nggak apa - apa juga, tapi fungsinya untuk apa ? Ok, misalnya fungsinya adalah untuk menampilkan gambar produk yang lagi di launching, ya nggak apa - apa juga, dibuat terpisah sehingga menjadi wing drop di kanan dan di kiri, malah akan tampak istimewa, apalagi kalau sedikit dipercantik dengan ditambahkan downlight ke arah image produk, waah, jadi makin bersinar di bagian itu. 

Jadi, akhir dari artikel mengenai ukuran backdrop yang ideal ini, kembali lagi ke kalian ya. Nggak ada yang benar dan nggak ada yang salah, tapi balik lagi ke tujuan dari pembuatan dan pemasangan backdrop ini untuk apa. Kalau tujuannya sudah jelas, pasti akan lebih jelas lagi kita mendapatkan definisi yang ideal itu. Sepakat ? 

0 comments:

Post a Comment