Panggung di RPTRA



Panggung di RPTRA, ada yang memang sudah disiapkan secara permanen di satu titik di area RPTRA, atau memang belum ada sama sekali. Tapi sebelum beranjak lebih jauh membahas mengenai panggung di RPTRA, kalian sudah pada tahu kan apa itu RPTRA ? Buat kalian yang belum mengetahui RPTRA, nanti akan kita bahas bareng di artikel ini. Dan Panggung untuk acara apa di RPTRA yang kami dukung ya ? 


RPTRA atau Ruang Publik Terpadu Ramah Anak adalah konsep ruang publik menyerupai taman yang dilengkapi dengan fasilitas bermain dan ruang ruang lain yang melayani kepentingan komunitas masyarakat di sekitar lokasi RPTRA tersebut, mulai dari perpustakaan, taman hijau dengan tanaman obat yang bermanfaat atau ruangan untuk sanggar tari dan sejenisnya. Inisiatif untuk membangun RPTRA datangnya dari Pemrov DKI dibawah gubernur kala itu Pak Ahok. Seru banget ngeliat di tengah pemukiman padat penduduk, yang gersang, bahkan kumuh, tiba tiba bisa ada taman bersih hijau dan menjadi pusat dari kegiatan kreatif warga sekitar. 

Acara yang kami dukung tempo hari, juga mengambil tempat di RPTRA, yaitu tepatnya di RPTRA Penjaringan Indah, Jakarta Utara. Acara yang kami dukung di RPTRA ini, adalah sebuah acara yang digagas oleh Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, dengan titel acara bernama Festival PUSPA, kepanjangan dari Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak. Meski namanya begitu, namun acara ini tidak terbatas hanya untuk perempuan dan anak lho, para ayah, suami dan kaum pria juga bisa berpartisipasi. 

Untuk mendukung rangkaian acara ini, kami menyiapkan panggung dilengkapi dengan backdrop dengan desain panggung dan backdrop yang didesain cepat, namun tetap mengedepankan unsur kesederhanaan, ceria yang mewakili semangat kesejahteraan perempuan dan anak. Untungnya, empunya acara ini, dari kantor kementrian, mereka memang sudah menyiapkan banyak material desain yang disesuaikan dengan semua materi promosi yang sudah mereka siapkan. Jadilah proses desainnya lengkap dengan panduan warnanya lebih mudah untuk dimodifikasi. 

Jadi buat kalian yang ingin mengadakan acara, termasuk acara di RPTRA, jika pengelola RPTRA-nya belum punya panggung, apalagi belum punya desain untuk panggungnya, terus, belum punya juga desain buat backdropnya, itu tandanya kalian perlu panik! karena kalau nggak buru buru mencari, kalian akan kebingungan nantinya, makin mepet waktu persiapannya, juga kadang akan membuat perhitungan biaya produksinya juga makin tinggi. Oleh karenanya, siapkan dengan baik semua hal yang kaitannya dengan kebutuhan panggung di acara kalian. 


0 comments:

Post a Comment