Panggung Rumah Betawi


Ada beragam tradisi dan budaya Indonesia yang luar biasa, nggak melulu Bali juga :) Sorry to say this! Bukan tanpa sebab, karena banyak event yang diadakan khususnya dengan audiences dari mancanegara, dan lebih khusus lagi yang diadakan oleh temans dari Pemerintahan, kerap menjadikan Bali sebagai tema dekorasi, dan hampir sama setiap kali acara-nya :) Padahal, sebagaimana saya bilang diawal, bahwa Indonesia itu
ragam budaya-nya banyak dan sebanyak itu pula lah yang bisa kita aplikasikan dalam design dan tema panggung yang akan kita bangun.

Jakarta, ibukota kita, dengan tradisi budaya Betawi, juga bisa diaplikasikan dalam panggung kita. Salah satu yang membuat konsep ini, adalah perusahaan yang berkantor pusat di Jakarta Pusat. Bukan karena merayakan hari jadi Jakarta juga mereka membuat desain panggung seperti ini, tapi karena hasil rembukan panitia-nya yang menginginkan dekorasi bernuansa tradisional tapi yaaaa agak dikombinasikan dengan backdrop tittle acara mereka. 

Nuansa rumah betawi yang khas itu, dijadikan sebagai centre dari panggung, mengapit backdrop tittle acara dan frame screen, dan nggak ketinggalan ondel - ondel yang jadi ikon Betawi ditempatkan di sisi kiri panggungnya. Secara pewarnaan, meskipun corporate color mereka adalah biru, mereka nggak keberatan tuh untuk mengikuti yang lazim dipergunakan sebagai warna rumah betawi. Mereka malah nggak mau jadi berbeda dengan aslinya rumah betawi, meskipun harus merelakan nggak ada sama sekali corporate color di panggung, tenda dome dan dekorasinya. 

Yang unik dari pekerjaan ini adalah durasi proses dari dealing, design sampai fix, nggak lebih dari 3 hari. Semuanya serba ngebut, dan bersyukurnya, kami dipertemukan dengan client yang cepat juga dalam pengambilan keputusan, nggak suka bertele-tele dan straight to the point. Nah, buat temans lain yang juga mau dibuatkan desain dan produksi panggung-nya dengan tema - tema lain dari tradisi dan budaya Indonesia, yuumari hubungi mas Igun di 081310861060 atau email kami di buatpanggung@gmail.com untuk sekilas briefnya. 

0 comments:

Post a Comment