Panggung Indonesia


Perusahaan produsen bahan bangunan yang menjadi client kami kali ini, hampir setiap tahun secara rutin mengadakan acara temu distributor disamping memberikan hadiah kepada para distributor-nya sesuai dengan hasil penjualan yang berhasil dibukukan selama periode tahun tersebut. Karena hampir tiap tahun mengadakan acara, maka, sudah banyak tema - tema yang diusung dalam pagelaran mereka ini. Sampai akhirnya, tema Indonesia dipilih sebagai
representasi dari kecintaan terhadap Indonesia, juga kecintaan terhadap produksi bahan bangunan berkualitas buatan Indonesia, yang salah satunya dibuat oleh client kami ini.

Sejalan dengan tema Indonesia tadi, panggungnya pun kami desain dengan suasana dan ornamen Indonesia. Apa yang bisa mewakili Indonesia dalam beberapa ornamen yang akan ditempatkan di atas panggung. Selain itu, kami juga berpikir untuk menggunakan tradisi dan budaya salah satu provinsi Indonesia yang bisa mewakili semuanya. Kami juga berpikir untuk menggabungkan beberapa tradisi Indonesia dalam satu area panggung. Namun dari hasil tukar pendapat dan gagasan, termasuk menerima masukan dari client, kami akhirnya sepakat untuk menjadikan nuansa tradisi dan budaya Jawa dalam area panggung. 

Kami memilih ornamen Gunungan sebagai salah satu ornamen dekorasi di panggung untuk mengakomodir tematik Indonesia dan budaya-nya. Gunungan sendiri, merupakan wayang berbentuk gambar gunung beserta isinya, biasanya dibagian bawahnya terdapat gambar - gambar yang melukiskan gerbang istana, rumah dengan pintu tertutup, suasana hutan belantara, beberapa hewan juga ular naga dan bejana berbentuk bunga padma. Gunungan sendiri, pada pentas wayang, biasanya dipergunakan sebagai tanda akan berakhirnya lakon atau tahapan cerita. Namun karena pertimbangan artistik, lukisan yang biasa ada pada Gunungan, kami gantikan dengan ornamen ukiran. Pun demikian dengan sisi - sisi lain, termasuk bagian frame screen di tengah dan kanan kiri-nya. Nuansa warna putih dan biru dipilih dengan pertimbangan agar terlihat bersih dan terlihat jelas ukiran yang dibuat. Selain juga karena pertimbangan logo brand produk perusahaan yang berwarna tersebut. Proses pengerjaan dari desain, pengajuan, aproval design sampai produksi, kira - kira memakan waktu sebulan. Installment-nya sendiri memakan waktu sekitar 12 jam di lokasi acara, dan karena acara ini sifatnya roadshow, maka setelah bongkaran di kota pertama, benar - benar harus diperhatikan pembongkaran dan penempatannya di angkutan. 

Point dari cerita kami kali ini, ada banyak yang bisa kita gunakan untuk merepresentasikan Indonesia ke area panggung, karena ada banyak ornamen yang bisa mewakili Indonesia, baik dari salah satu provinsi, suku, adat - istiadat dan seterusnya. Untuk buat desain panggung bertema Indonesia yang seperti temans inginkan, jangan sungkan untuk berdiskusi bersama kami. 

0 comments:

Post a Comment