Pertimbangkan 4 hal ini sebelum membuat panggung !



Ketika kita dipercaya untuk membuat sebuah acara, atau, dipercaya sebagai ketua panitia sebuah acara, atau mungkin, memang berprofesi sebagai event organizer yang tugasnya adalah membantu client untuk mempersiapkan acara mereka, maka, sudah pasti, ada banyak yang harus dipersiapkan dengan baik. Salah satu nya sudah pasti Panggung. Nah, sebagai vendor penyedia panggung, karena memang bidang kami dalam dunia pembuatan panggung, kami mencoba membuat 4 daftar, yang harus dipertimbangkan
sebelum kita memutuskan untuk membuat panggung atau setidaknya memberikan brief kepada kami yang akan membantu membuatkan panggung-nya.

4 hal yang harus dipertimbangkan sebelum kita membuat panggung, atau sebelum kita memberikan brief adalah : 

  1. Ukuran ruangan. Ruangan yang akan menjadi lokasi acara, apakah indoor atau outdoor, lalu, asumsikan berapa luas yang dibutuhkan untuk menampung audiences yang akan hadir. Setelah itu, asumsikan ukuran luas panggung yang akan menjadi central acara. 
  2. Pada saat mengasumsikan ukuran luas panggung, maka kita juga perlu untuk memperhatikan panggung yang akan kita bangun ini, untuk keperluan apa? Siapa saja yang akan naik ke atas panggung ? Dan berapa banyak orang yang akan naik ke panggung ? Kalau ada pertunjukan musik, misalnya ada group band, maka, pastikan juga bahwa perlengkapan band tadi apakah akan ikut berada di atas panggung atau cukup di bagian bawah panggung ? 
  3. Jika itu sudah, maka, kita perlu pikirkan komponen apa saja yang akan ada di atas panggung. Kita juga bisa kembali ke point 2, mengacu pada rangkaian acara-nya. Apakah akan ada presentasi ? Atau mungkin ada tampilan video yang perlu untuk ditampilkan secara live pada saat acara berlangsung ? Jika iya, berarti kita perlu screen, ukuran berapa screen yang ideal dengan ketinggian ceiling di tempat tersebut, berapa idealnya ukuran screen dalam panjang x lebar ? Dan jika screen menggunakan projector, apakah masih tersisa ruang tembak untuk memproyeksikan dari arah belakang ? Atau dari arah depan ? Selain screen apakah perlu juga ada backdrop yang menjadi bagian dari ornamen di atas panggung ? 
  4. Jika itu sudah, maka, kita bisa siapkan sebuah brief singkat kepada vendor yang memang spesialis dalam bidang produksi panggung. Bagian ini, usahakan, jangan cuma berikan brief kepada satu vendor, tapi upayakan ke beberapa vendor, agar kita mendapatkan perbandingan harga yang berbeda dan juga material yang berbeda. 


Dan kalau sudah, tinggal menunggu kiriman penawaran dari vendor produksi panggung. Ingat juga, bahwa harga yang lebih murah, belum tentu akan lebih baik, sebelum memutuskan siapa vendor yang akan mengerjakan, ada baiknya juga mengetahui apa saja pekerjaan yang pernah mereka buat sebelumnya. Semoga bermanfaat. 

0 comments:

Post a Comment