Multimedia Event yang Ideal ?



Dalam penyelenggaraan sebuah acara, khususnya promotional event, penting sekali untuk menampilkan teks, suara, gambar dan animasi dalam sebuah tampilan yang besar. Di event, kami menyebutnya dengan istilah Multimedia. Mengacu pada istilah itu, sebenarnya pengertian Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio, video dengan alat bantu dan sebuah koneksi, sehingga, kita sebagai pengguna dapat berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi, sementara audiences dapat menerima dengan jelas, apa yang ingin kita sampaikan.

Lalu, bagaimana untuk mengetahui apa saja kebutuhan multimedia dalam sebuah event ? Bagaimana multimedia event yang ideal untuk event kalian ? Kami merangkum beberapa hal yang bisa dijadikan sebagai panduan untuk mengetahui bagaimana multimedia yang ideal untuk event kalian. 

  1. Selalu kembalikan kepada maksud dan tujuan diadakannya acara. Dengan mengacu pada hal ini, maka, kita memiliki kerangka berpikir yang mengarahkan kita kepada tujuan utama dari diadakannya acara ini. Contoh, kalau acaranya adalah launching product, product-nya adalah sebuah gadget yang canggih, kebutuhan multimedia seperti apa yang bisa menonjolkan kecanggihan dari gadget ini ? Apakah cukup dengan memvisualisasikan product dengan menggunakan screen dan projector saja ? Ataukah harus menggunakan LED yang memanjang seperti layar bioskop ? 
  2. Kalau kalian sudah mempertimbangkan mengenai apa tujuan acaranya, kalian bisa jadi sudah mulai mendapatkan gambaran seperti apa kebutuhan multimedia di acara tersebut. Tapi, ada hal - hal lain juga yang perlu dipertimbangkan, diantaranya adalah Venue atau lokasi acara-nya, apakah memungkinkan jika dipasang LED yang memanjang tadi ? 
  3. Pertimbangan selanjutnya setelah point 1 dan 2 berhasil dijawab adalah mengenai anggaran. Yang ini sih penting banget :) Setelah tahu bisa membayangkan apa kebutuhan multimedia di acara kalian, kalian juga harus napak bumi, ingat juga kondisi yang ada. Berapa anggaran yang disiapkan untuk kebutuhan multimedia tersebut ? Cukup ? Cukup banyak ? 
  4. Kalian juga perlu berpikir secara matang mengenai content apa yang akan ditampilkan di multimedia tersebut. Jika belum memiliki content yang akan ditampilkan pada acara kalian, tapi kalian sudah bisa membayangkan seperti apa tampilan visual yang kalian inginkan, nggak usah khawatir, sekarang banyak jasa penyedia content visual khusus untuk event, kebanyakan dari mereka menyebut profesinya sebagai Visual Jockey. Mereka lah yang akan membuatkan content sesuai dengan arahan kalian. 


Demikian sekilas mengenai apa saja yang perlu kalian pertimbangkan sebelum menentukan kebutuhan multimedia di acara kalian. Penyediaan stages, frame khusus untuk screen, atau frame untuk LED screen kalian, termasuk dengan kebutuhan multimedianya, kami juga bisa bantu ya, hubungi kami pada nomor yang tertera di atas website ini. 

0 comments:

Post a Comment