Ukuran Panggung Yang Ideal



Ukuran Panggung Yang Ideal, tentu saja tidak bisa digeneralisir, karena setiap acara punya kebutuhan panggung yang berbeda, disamping itupula, setiap acara pasti punya area acara dengan dimensi ruangan yang juga berbeda. Tapi kami menuliskan pada artikel kali ini, panduan yang informasi, yang akan membuat kalian jadinya bisa menentukan sendiri, sebenarnya, berapa ukuran panggung yang ideal untuk acara kalian, didasarkan pada beberapa hal yang akan kami tuliskan dibawah ini. Jadi, nggak perlu nanya lagi mengenai, ukuran ini sudah sesuai belum ? Ukuran ini sudah pas belum ? dan seterusnya. Karena kalian sudah mendapatkan panduan untuk membuat ukuran panggung yang ideal, berdasarkan informasi dibawah ini. 


Informasi pertama yang perlu kalian ketahui sebelum menentukan ukuran panggung kalian, adalah dimensi ruangan yang akan jadi lokasi acara. Dimensi ruangan itu meliputi panjang x lebar x tinggi ruangan. Panjang x lebar ruangan akan menjadi input yang bagus untuk mengetahui seberapa besar area yang bisa dipergunakan untuk penempatan panggung, setelah kalian mengurangi dengan alokasi penggunaan untuk kebutuhan yang lain di acara. Misalnya saja, area didalam ruangan sebuah ballroom, kalian perlu menentukan berapa jumlah audiences yang akan datang, bagaimana seating arrangement-nya ? apakah semua duduk dalam mode theater style atau dengan menggunakan round table ? Kalau di ballroom hotel, kalian bisa diskusikan hal ini dengan bagian banquet atau marketing event-nya, mereka akan senang hati memberikan informasi kapasitas ruangan dalam beberapa mode seating arrangement. 

Detailkan juga tentang venue-nya. Maksudnya disini adalah, dimana sih posisi biasanya panggung berdiri ? Bisa ditanyakan kembali ke banquet berdasarkan referensi dari acara - acara sebelumnya. Kalian juga perlu aware mengenai di ruangan itu, ada apa saja yang mungkin menghalangi jarak pandang audiences dari posisi duduk mereka, apakah ada pilar / tiang yang mengganggu ? Atau mungkin ada chandelier yang posisinya tepat berada di atas tempat kalian akan membuat panggungnya ? Nah, ini yang kadang suka luput dari perhatian. Diperhatikan ya hal - hal detail ini. 

Bagian ketiga setelah kalian mengetahui jumlah audiences-nya dan kapasitas maksimal ruangan, maka, kalian perlu mengetahui juga atau setidaknya mengimajinasikan, panggung yang akan kalian buat nanti, penggunaannya untuk apa ya ? Siapa saja yang akan naik ke atas panggung ? Ada berapa banyak orang yang akan naik ke atas panggung ? Apakah ada komponen pendukung acara yang juga akan menempati panggung ? Misalnya, alat band ? Podium ? SOfa ? Kursi ? Atau yang lain. Dari sini, kita akan jadi lebih jelas untuk menentukan berapa ukuran yang ideal. Misalnya saja, acara kalian adalah sebuah gelaran awarding dari perusahaan asuransi, dimana mungkin akan ada 50 orang yang naik ke atas panggung secara bersamaan, kalian bisa menghitung, kalau satu orang berdiri dalam posisi yang nyaman, berapa area yang dibutuhkan ? Nah, dari situ bisa kalian kalikan dengan jumlah orangnya sehingga kalian bisa menentukan berapa panjang x lebar panggung yang ideal. 

Untuk amannya, kalian juga bisa menggunakan jasa buat panggung yang dapat memberikan masukan dan saran mengenai posisi dan dimensi yang ideal dari panggung yang akan kalian buat. Informasi dan pemesanan silahkan hubungi kami pada nomor yang ada di bagian atas website ini. 

*ilustrasi desain adalah desain yang dipergunakan untuk acara Pameran Kewirausahaan dari Komunitas Tangan Di Atas, berlokasi di Ancol Ecovention, Jakarta

0 comments:

Post a Comment