Desain Panggung Tema Betawi


Desain panggung tema Betawi, tidak sulit untuk membuatnya. Selain karena ada banyak referensi tentang bagaimana tradisi dan budaya betawi, contoh nyata tentang kebudayaan Betawi juga masih banyak yang bisa kami lihat. Yang jadi kendala pada saat proses desainnya adalah, penyesuaian dengan tempat acaranya, dengan luas area panggungnya dan hal - hal seputar komposisi dan penempatan ornamen desainnya, sehingga cakap untuk dipandang.
Tapi belajar dari proses desain hingga produksi dengan mengangkat tema Betawi ini, kami juga jadi belajar untuk bersikap detail, terutama untuk mengetahui apakah ada ornamen dalam desain yang kami buat, yang perlu diproduksi dalam proses yang lama dan membutuhkan biaya besar, atau, apakah memang ada vendor yang sudah memilikinya ? sehingga kami nggak perlu buang uang dan waktu untuk produksi lagi.

Membuat desain panggung tema Betawi, atau tema tradisional, memang diperlukan banyak referensi. Banyak melihat ornamen artistik pendukung tradisi dan budaya daerah yang diangkat sebagai tema desainnya, kemudian dibarengi dengan melihat literatur seputar tradisi dan budaya-nya, baik dari perpustakaan ataupun dari internet, akan sangat membantu dalam memperkaya ornamen desain yang sedang dibuat. Tentu saja, disamping referensi tersebut, kita juga perlu brief detail dari client-nya, tentang dimensi-nya, tentang apa tujuan acara-nya, tentang ada siapa sajakah yang akan tampil di panggung utama-nya ? dan informasi - informasi lain yang biasa kita perlukan sebelum mendesain sebuah panggung. 

Makin detail tentang brief dari client, akan semakin baik dan semakin detail kita membuatnya. Seperti pada desain panggung tema betawi ini, client memberikan banyak hal yang membuat kami mendapatkan kejelasan, sehingga hasil dari desain ini, semua hal yang ada di atas panggung, merupakan semua hal yang datangnya dari permintaan client, termasuk screen di sebelah kanan, ondel - ondel di bagian kanan dan kiri, pintu masuk rumah tradisional betawi yang memang difungsikan sebagai akses keluar masuk pengisi acara, tangga di bagian kanan kiri dan mini garden di bagian tengah. Semuanya sesuai dengan apa yang kami catat pada saat mereka memberikan brief desainnya. 

Nah, jadi bagi teman - teman nih, yang mau dibantu untuk pembuatan desain panggungnya, akan lebih baik, kalau semua hal yang kaitannya dengan acara dan dalam konteks untuk membuat desain panggung untuk acara kalian sehingga mendekati sempurna, maka, buatlah brief yang detail termasuk dengan semua keinginan yang ingin kalian wujudkan dalam desain panggung acara kalian. Hubungi kami kalau sudah siap dengan brief-nya, kita bisa ngobrol sambil menikmati segelas kopi dan membahas mengenai desain panggung yang kalian inginkan. 

0 comments:

Post a Comment