Panggung bertema, Rumah Adat Betawi



Panggung bertema, Rumah Adat Betawi, seperti tampak pada foto yang kami sertakan di artikel ini, merupakan inisiatif dari client yang punya hajat. Ide dasarnya, datang dari panitia acara perayaan ulang tahun perusahaan asuransi tersebut. Dari situlah kami mulai mencari referensi, membuat desain dan mulai dengan pengajuan anggaran produksinya. Apa saja yang kami sertakan dalam panggung bertema rumah adat Betawi ini ?

Saat mendapatkan brief untuk pekerjaan ini, secara waktu pengerjaan bisa dibilang sangat mendesak. Kurang dari 1 minggu pelaksanaan acara, panitia acara baru mengundang kami untuk meeting dan membahas mengenai tema acaranya. Pekerjaan dimulai usai brief selesai diberikan. Kami memulai dari mencari sebanyak mungkin referensi tentang rumah adat Betawi. Ide untuk mengaplikasikan rumah adat Betawi ini, datang dari brief client yang ingin membuat tema acaranya bernuansa Betawi. Jadi nggak kepikiran hal lain selain rumah adat Betawi untuk diaplikasikan dalam desain panggung utamanya. 

Dari beberapa sumber referensi itulah kami mengetahui bahwa rumah adat Betawi memiliki 3 jenis rumah adat, yaitu rumah joglo, panggung dan rumah kebaya. Namun yang merupakan rumah adat resmi dari Betawi, adalah rumah kebaya. Dari rumah kebaya, kami melihat bentuk atapnya yang unik. Material genteng atau anyaman daun kirai disusun menyerupai bentuk rumah joglo, dan penggunaan warna yang dominan adalah warna genteng. Sementara warna dinding, didominasi dengan penggunaan warna cerah, seperti hijau atau kuning. Daun pintunya juga memiliki ciri tersendiri, dengan barisan kusen, berukuran lebar sehingga lubang udara dapat masuk. Kami pun sepakat menempatkan element tampak depan atau bagian teras dari rumah kebaya untuk dibawa ke panggung. 

Karena ingin juga masuk dalam dokumentasi acara, yaitu tittle acara dan logo logo sponsor pendukung dari rangkaian acara ini, maka kami membuatkan backdrop di sisi kiri yang dipadukan dengan sebuah frame screen di sisi kanan. Berasa masih ada yang kurang setelah desainnya selesai kami buat. Rasanya kami ingin menambahkan ornamen yang erat kaitannya dengan Betawi atau Jakarta. Jadilah di sisi kanan dan kiri panggung kami tempatkan ondel - ondel untuk memperkuat rasa Betawi dalam desain panggungnya. Akhirnya, nggak perlu proses lama, dari desain yang kami ajukan mendapatkan persetujuan dengan beberapa catatan. Salah satunya adalah pada bagian tengah, tempat dimana ada pintu masuk rumah Betawi, mereka minta agar bisa dipergunakan sebagai akses keluar masuk pengisi acara. Jadi seolah - olah, pengisi acara datang dari dalam rumah Betawi tersebut. Catatan lainnya adalah untuk menyertakan mini garden di bagian depan untuk membuat rumah Betawi ini jadi lebih asri dan berkesan sejuk. 


0 comments:

Post a Comment