Panggung Natal, Butuh Banyak Bertanya!



Panggung Natal, yang satu ini kami desainkan khusus untuk perayaan Natal keluarga besar Bank Mandiri beberapa tahun silam. Dari proses terima brief, awalnya kami agak kesulitan untuk menterjemahkannya dalam desain, tapi banyak hal - hal yang membuat kami jadi belajar, diantaranya adalah keberanian untuk bertanya dan mungkin jadi kelihatan bodoh :) semoga bisa menginspirasi teman - teman. 


Brief untuk pembuatan desain panggung, awalnya datang dari salah satu personil perusahaan event organizer yang ditunjuk untuk mengorganize acaranya. Ruangan acara yang relatif besar, memungkinkan kami untuk membuat desain panggung dalam ukuran yang lebar, selain juga mempertimbangkan beberapa content acara yang akan ada di atas panggung, memang akan membutuhkan tempat yang lumayan luas. Drama musikal dibarengi dengan choir dan band, serta kebutuhan visualisasi untuk memperkuat tema acaranya. Yang kami pelajari pada proses ini, penting banget untuk mendengarkan brief secara seksama dan setelah brief itu juga kami terima, perlu persamaan persepsi pada apa yang mereka sampaikan dan apa yang kami tangkap.

Dari proses yang kami lanjutkan menuju desain, inilah tantangan sebenarnya. Bagaimana menterjemahkan brief tersebut menjadi sebuah desain panggung yang sesuai dengan apa - apa saja mandatory yang ada di brief dan penyesuaian dengan tema acaranya. Kami juga belajar untuk nggak malu bertanya mengenai hal - hal yang kami belum jelas, termasuk mendiskusikan ide - ide kami tentang apa saja komponen yang akan ada di atas panggung dan juga komposisi untuk penempatannya. 

Walhasil dari beberapa diskusi, disepakati beberapa backdrop dan komponen visual yang kami pisahkan, dibuat dengan penjelasan yang sangat logis untuk mendukung apa konsep dan tema acaranya. Diatas panggung sendiri akan ada 7 bagian sebagai backdrop dengan 3 diantaranya adalah frame yang dipergunakan untuk mengcover screen. Dan untuk kepentingan drama musikal, panggung utama dibuat terpisah dengan ukuran yang paling panjang dan ukuran lebarnya sudah disesuaikan dengan jarak aman untuk pementasan drama musikal. Sementara untuk band pendukungnya, dibuatkan level terpisah persis di depan backdrop kanan kirinya. 

Yang jadi tantangan dari proses sejak terima briefnya adalah untuk menterjemahkan brief tersebut dalam sebuah desain panggung yang sesuai dengan tema acaranya. Dan kebetulan acara natal kali ini, memang nggak ingin menggunakan desain - desain natal kebanyakan yang didominasi dengan ornamen dekorasi khas natal, seperti lonceng atau pohon natal, tapi ingin nuansanya seperti rumah dan ada nuansa Indonesia. Dan semua informasi - informasi detail ini, datangnya dari pertanyaan yang kami ajukan sehingga sedikit demi sedikit, kami mulai mendapatkan gambaran besar yang diinginkan oleh panitia acaranya. 

0 comments:

Post a Comment