Desain Panggung, Kenapa Begitu ?



Desain Panggung, yang dikirimkan oleh client kami ini, sengaja kami tampilkan pada artikel kali ini. Desain ini dibuat dalam format 2D oleh bagian desain mereka dan tentu saja, dengan adanya desain ini, maka, mempermudah kami untuk menghitung biaya produksinya. Tapi, kami bukan lagi ingin membahas mengenai biaya produksinya, tapi yang kami ingin bahas adalah, apa sih yang melatarbelakangi desain panggung dibuat dengan bentuk tertentu ? Misalnya saja, desain panggung yang kami sertakan pada artikel ini, kenapa bentuk dan ornamennya seperti itu ? Mirip dengan klenteng atau rumah tradisional di china, Apa yang membuat mereka mendesain dengan bentuk tersebut ? 


Latar belakang yang pertama tentu saja adalah tema acaranya. Konsep acara seperti apa yang akan dikembangkan ? Bagian tentang tema atau konsep acara, merupakan hal pertama yang menjadi latar belakang seorang stage designer mendesain panggung. Ide awalnya untuk membuat sebuah desain panggung, ya datangnya dari tema dan konsep acaranya. 

Tujuan diadakannya acara dan jenis acaranya juga bisa menjadi hal yang melatarbelakangi sebuah desain panggung. Seperti pada gambar yang kami sertakan, kebetulan perusahaan yang mengadakan acara ini adalah distributor untuk obat tradisional dari China. Kebetulan lagi, acaranya adalah memperkenalkan obat ini kepada khalayk luas, dan karena pentingnya acara ini, beberapa jajaran direksi dari produsen obat ini sengaja terbang dari negaranya untuk hadir dan mempresentasikan mengenai keunggulan obat tersebut. Karena itulah, desainnya dibuat menyerupai kuil, kerajaan atau rumah tradisional mandarin yang sering kita lihat di film - film kungfu. 

Moment. Ada juga yang menjadikan moment sebagai latar belakang dalam membuat desain panggung, tentu saja, keinginan client juga perlu diutamakan. Misalnya saja, karena ingin mendukung program promosi dan membuat pengunjung di pusat perbelanjaan untuk datang dan berbelanja produk tertentu menjelang datangnya Imlek, maka desain ini bisa banget dipergunakan, karena masih inline dengan imlek. Atau, misalnya moment menjelang masuknya ramadhan, setiap pusat perbelanjaan menggelontorkan beragam hadiah, program promosi dan lain - lain, untuk menunjang kemeriahan program ini, tentu saja dibutuhkan desain panggung dan produksi panggung yang sesuai dengan tema Ramadhan / Idul Fitri. Selain 3 hal yang sudah kami bahas, kalian punya ide apa lagi yang melatarbelakangi desain panggung dibuatnya seperti itu :)


0 comments:

Post a Comment