Panggung Acara Seminar, Hotel Ritz Carlton Pasific Place, Jakarta

Memasuki awal bulan suci tahun 2013 ini, alhamdullilah, pekerjaan kembali datang dari client lama, seorang professional dalam bidang event organizer. Client lama yang satu ini, sebenarnya sudah berhubungan dengan kami sejak tahun 2008 silam, saat itu, ia kerap memberikan pekerjaan pembuatan panggung untuk memenuhi kebutuhan perusahaan event organizer tempatnya bekerja. Seiring dengan berjalannya waktu, client kami ini akhirnya menjalankan sendiri usaha EO-nya. Well, nggak usah berlama - lama ceritain mengenai doi, karena esensi dari artikel kali ini adalah proses produksi panggung dan stand booth untuk product display dari client, yaitu perusahaan produsen mesin - mesin dari Korea, yang pada kesempatan acara ini, menggelar sebuah launching product yang disusul dengan pengenalan product dalam sebuah sesi seminar, mengenai product knowledges. 

Ok, sesuai dengan format acaranya, yaitu sebuah pengenalan product dalam konsep seminar, kebutuhannya, pasti di panggung akan ada sebuah media visual. Kali ini, sebuah screen berukuran 3 x 4 menjadi centre dari komponen panggung, diapit dengan dua buah backdrop bergambar ilustrasi bis dan mesin-nya sendiri. Doosan sendiri adalah penyuplai mesin - mesin untuk kendaraan besar, khususnya bis, dalam beberapa tahun belakangan Doosan menjadi mesin utama dari kendaraan Busway / Trans Jakarta. Panggung yang dipergunakan pada acara ini, berukuran 12 x 6 meter, modul sepenuhnya mempergunakan milik hotel, Ritz Carlton Pasific Place sendiri, hanya memiliki 1 ukuran tinggi untuk modul panggung, yaitu 80 cm. Basic modul dari hotel tersebut, kami cover kembali dengan multi 12mm dan finishing-nya menggunakan bahan melaminto hitam, termasuk bagian tangga di sisi depan dari panggung. 

Pekerjaan pembuatan panggung kali ini agak berbeda dalam hal treatment ke client, meskipun pekerjaan ini dihandle oleh event organizer, namun, dari pihak prinsipal, yaitu Doosan, diwakili oleh beberapa orang yang langsung datang dari Korea, komunikasi menggunakan bahasa Inggris dan karena perbedaan kultur serta kebiasaan, awalnya, agak merepotkan, namun, setelah diikuti semuanya dapat berjalan dengan baik. Mereka, lebih detail, termasuk penggunaan bahan, schedule produksi dan pengaturan posisi komponen pendukung acara, benar - benar sangat diperhatikan. 

Kesulitan terbesar dari pekerjaan produksi panggung kali ini adalah, terdapat sebuah mesin dengan berat mencapai 900kg, yang harus didisplay di area ballroom. Untuk membuat booth sebagai area display, sebenarnya tidak ada kesulitan berarti, kami sudah melakukan survey bagaimana bentuk mesin dan dudukan yang seharusnya dibuat. Kendala-nya adalah proses pengangkutan dari loading dock sampai ke area ballroom, yang menggunakan forklift manual, untungnya, staff engineering, banquet dan security dari hotel Ritz Calrton Pasific Place sangat kooperatif, sehingga mesin tadi dapat sampai juga ke area ballroom. Venue yang satu ini, sangat kami rekomendasikan untuk acara gathering dan sejenisnya, semua yang bekerja di dalamnya, sangatlah kooperatif, proses loading dan unloading, semuanya dibantu dengan sangat baik. Bagi teman - teman yang membutuhkan jasa desain dan produksi panggung, jangan sungkan untuk berdiskusi dengan kami, hubungi kami pada nomor yang tertera di atas. 

0 comments:

Post a Comment