Buat panggung di Gereja


Project pembuatan panggung permanen untuk sebuah gereja, beberapa bulan lalu sempat ditangani oleh buatpanggung.com di kawasan Jakarta Barat. Awalnya, mereka ingin membuat sesuatu yang berbeda untuk perayaan natal, tapi setelah mempertimbangkan bahwa panggung ini juga akan digunakan pada ibadah dan pelayanan mingguan, jadilah panggung ini, dibuat permanen dengan konstruksi bagian backdrop yang dapat diganti - ganti berdasarkan kebutuhan. 

Gereja yang berlokasi di sebuah ruko besar, di Green Garden, Jakarta Barat ini, memang sudah memiliki panggung yang selama ini sudah mereka pergunakan. Namun, seiring bertambahnya usia, ada beberapa level panggung yang mengalami kerusakan, sehingga, akhirnya diputuskan untuk level panggung-nya sendiri, diganti dengan yang baru. Level panggung-nya dibuat dengan tinggi 20 cm, menggunakan multi dari kayu meranti dengan ukuran ketebalan 18mm, sementara lapisan dari level tersebut, menggunakan karpet berwarna hitam. Karpet yang digunakan, kali ini, bukan karpet yang biasa dipakai untuk acara - acara berdurasi singkat, sehingga ketebalan-nya memang lebih tebal dibanding yang biasa. Ada beberapa masukan dari pihak client untuk membuat level ini dengan lapisan yang bermacam - macam, mulai dari melaminto, hpl bahkan parket. Namun, atas pertimbangan ketersediaan anggaran dan juga karena banyaknya aktivitas diatas panggung yang memerlukan pergerakan,  karpet dinilai cukup aman. 

Sementara itu, pada beberapa sisi, karena berlokasi di dalam sebuah ruko dan di lantai 3, ada banyak pilar - pilar yang posisinya juga menghalangi bagian backdrop. Bagian ini akhirnya disepakati untuk ditutup dengan menggunakan bahan hpl, namun teknisnya, dapat ditutup dengan kain ataupun digital print bila diperlukan. Bagian backdrop-nya sendiri, kami menyiapkan satu konstruksi yang memungkinkan mereka untuk mengganti latar belakang dengan bahan flexi, ataupun curtain, dimana, sudah disiapkan sebuah sekat dan penggantung untuk bahan tersebut. 

Sebagai akhir dari pengerjaan panggung ini, kami bersama client, beberapa kali melakukan pengecekan pada konstruksi level panggung, mereka berharap tidak ada bagian yang secara ukuran dan ketinggian berbeda, tidak ada bagian yang goyang. Proses pengecekan ini dilakukan beberapa kali, untuk memastikan semuanya baik. Usai pengecekan, serah terima dan selesai sudah pekerjaan panggung permanen tersebut. Pengerjaan yang memakan waktu kurang lebih 3 hari ini, dan semuanya dikerjakan pada malam hari, selesai kurang lebih 1 bulan sebelum perayaan natal tahun lalu. 

Penutup, bagi teman - teman yang berencana untuk membuat panggung untuk ditempatkan secara permanen di Gereja, ada baiknya, menghubungi kami untuk diskusi perihal desain, ukuran dan jenis bahan yang akan digunakan, sehingga dapat tergambar estimasi biaya produksinya. Buatpanggung.com dapat dihubungi di 021-7400216 atau dengan salah satu nomor Mas Gan yang tertera pada bagian atas. Oh iya, Happy Valentine buat semuanya, mari kasih kejutan buat orang - orang tersayang di hari istimewa ini :)

0 comments:

Post a Comment