Panggung Tema Tradisional Betawi



Awal tahun 2013, dibuka dengan sebuah panggilan mendadak dari perusahaan Asuransi, yang menggelar acara di halaman parkir gedung kantor pusatnya. Acara ini, merupakan bagian dari perayaan ulang tahun perusahaan tersebut. Agak mendadak sebenarnya, kurang dari satu minggu sebelum hari H, mereka menghubungi Mas Gan. Untuk mempersingkat proses komunikasi-nya, Mas Gan langsung minta untuk dikirimkan brief-nya agar segera dapat didesainkan dan dihitungkan biaya produksinya. Nggak lebih dari 3 jam untuk nunggu, brief singkat pun dikirim oleh client, disertai dengan sebuah ilustrasi dari bentuk panggung yang diinginkan. 

Panggung bertema tradisional Betawi adalah keinginan dari empunya acara setelah Mas Gan lihat brief-nya, ilustrasi dan corat - coret dari bentuk yang diinginkan didominasi dengan penggunaan warna merah. Sedikit nggak sesuai sih kalau tema Betawi, karena kebanyakan kuning dan hijau adalah warna yang digunakan, ini sih berdasarkan pengamatan Mas Gan pada design bagian depan rumah Betawi. 

Akhirnya Mas Gan menemui client untuk berdiskusi dan kelar dari diskusi setelah diketahui lebih jelas untuk keinginan mereka, Mas Gan kembali dan memberikan brief design untuk segera dikerjakan oleh Designer Stage. Kurang dari 6 jam, design panggung sudah selesai dan biaya produksi bersamaan, langsung dikirimkan ke client. Nggak perlu proses lama, karena, agaknya client-nya cukup menyadari dengan durasi waktu produksi yang agak mepet, jadi sedikit revisi dan langsung approved. 

Photo yang Mas Gan tampilkan adalah hasil produksi panggung bertema tradisional Betawi. Seperti biasa, untuk tema - tema tradisional, memang, ada beberapa ornamen yang dapat memperkuat tema, karena ini Betawi, rasanya memang nggak lengkap kalau tanpa ondel - ondel dan kembang kelapa, jadilah sisi kanan dan panggung, ondel - ondel dan bunga kelapa menghiasi secara berpasangan. Proses produksi yang agak dikebut di workshop, disusul dengan persiapan dan penyesuaian di TKP, pada H-2, menjadikan proses produksinya, tidak mengalami kendala secara durasi waktu, artinya, Mas Gan dan team nggak dikejar untuk buru - buru, selain Mas Gan juga sudah memprediksi berapa lama durasi produksinya. Ada beberapa penambahan dari client untuk dekorasi-nya seperti mini garden dan beberapa bunga untuk mempermanis meja. 

Bagi teman - teman yang berencana untuk membuat panggung tema tradisional, bukan cuma Betawi lho, semuanya bisa diperjelas dengan design yang apik dari buatpanggung.com yang dibarengi dengan penawaran untuk biaya produksinya. Silahkan hubungi kami di salah satu nomor yang ada, via email atau follow twitter @buatpanggung.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. 

0 comments:

Post a Comment