Ondel - Ondel, Wajib Ada di Dekorasi Panggung Tradisional Betawi :)



Nggak ada hukum wajib sih memang dalam pakem produksi panggung tradisional bertema Betawi, bahwa ondel - ondel harus ada di sana. Tapi bener deh, rasanya, meskipun kita sudah mengadopsi halaman depan rumah tradisional Betawi, tetap berasa kurang nuansa Betawi-nya tanpa ada ondel - ondel. Boneka besar dengan ketinggian sekitar 2,5 meter ini, memang bukan boneka yang dikhususkan untuk diam dan menjadi pemanis dekorasi nuansa Betawi, karena ondel - ondel aslinya adalah salah satu bentuk pertunjukan rakyat Betawi yang dulu, sering ditampilkan dalam pesta rakyat. Wajah ondel-ondel laki-laki biasanya dicat dengan warna merah, sedangkan yang perempuan warna putih. Bentuk pertunjukan ini banyak persamaannya dengan yang ada di beberapa daerah lain, artinya, boneka besar seperti ini juga bukan ada di Jakarta saja. 

Untuk kepentingan memperkuat tema tradisional Betawi, ondel - ondel memang sangat cocok, lebih bagus lagi, bila ditambah dengan kembang kelapa. Di produksi panggung yang pernah Mas Gan kerjakan, Kembang Kelapa biasanya bersanding dengan Ondel - Ondel, ia menjadi latar belakang dari ondel - ondel. Kadang, ondel - ondel sendiri juga kerap dihiasi pada bagian atasnya dengan Kembang Kelapa. 

Ornamen - ornamen pendukung untuk panggung agar lebih cantik dan lebih mengesankan tema yang ingin diusung, memang memegang peranan penting. Karena jiwa dari dekorasi tata panggung khususnya yang bernuansa tradisional, justru berada pada ornamen-nya itu sendiri. Jadi nggak lengkap memang rasanya, kalau panggung dengan tema tradisional Betawi tanpa adanya ondel - ondel. Penempatannya sendiri, bisa kita atur agar cantik, terlihat jelas dan central, kenapa central, karena dia adalah nuansa-nya, dia adalah jiwa-nya, jadi harus tepat dan jelas. 

Untuk teman - teman event organizer atau di corporate yang berencana membuat panggung bertema tradisional, bukan cuma Betawi saja, nggak perlu bingung - bingung lagi untuk mendapatkan gambaran / visualisasi dari panggung yang ingin dibuat, karena buatpanggung.com melayani jasa secara komprehensif, mulai dari design sampai ke produksi, semuanya, sesuai dengan brief dan tema yang diajukan oleh client. Silahkan hubungi Mas Gan di 021-7400216 atau dengan salah satu nomor yang tertera pada bagian atas website buatpanggung.com ini. 

0 comments:

Post a Comment