Panggung Acara Departemen Pendidikan Nasional, Acara Olimpiade Sains Nasional

Setelah maju mundur, akhirnya jadi juga pekerjaan produksi ini. Iya, memang agak lama awalnya untuk dealing dengan pekerjaan ini, salah satunya, menurut EO yang mendapatkan pekerjaan pengorganisasian acaranya, proses tender dan hasilnya, yang memang agak lama diputuskan siapa yang mendapatkan pekerjaan ini. Kami sempat diminta untuk survey jauh - jauh hari sebelum pelaksanaan acara, yes, kami datang untuk survey, melakukan pengukuran berapa x berapa kebutuhan panggung yang ideal dan layout mengikuti keinginan clientnya. Survey, memang jadi satu hal yang penting, bahkan bisa dibilang sebuah kewajiban untuk memastikan ukuran khususnya, serta meninjau lokasi termasuk berkoordinasi dengan pengelola gedung untuk masalah loading dan set-up agar jalannya proses produksi bisa berjalan lebih cepat.

Acara yang diadakan di Gedung Pertemuan Padepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah ini, pengelola gedung-nya sama sekali tidak memiliki modul panggung, selain itu juga, ada beberapa bagian yang dilapisi dengan karpet pada bagian podium VIP, terlihat karpetnya agak kusam. Jadi tugas kami, agak sedikit ekstra, memasang modul panggung dulu, tangga, baru dilanjutkan dengan hal - hal lain, termasuk memasangkan karpet baru di area Podium tadi, membuat ramp untuk akses jalan masuk kursi roda, pemasangan mini garden dan beberapa pembatas area penonton serta sign-ad untuk petunjuk tempat duduk. 

Jadinya seperti di gambar ini untuk produksi panggungnya, sebenarnya sederhana, 3 buah frame artistik untuk orion di sisi bagian tengah dan 2 frame di sisi kanan dan kiri. Desainnya kami yang buatkan, dimana design didasarkan dengan brief singkat, tapi lumayan jelas :) Dalam desain tidak ada rigging gawangan pada bagian depan, rigging tadi, memang tambahan setelah survey, dimana diperlukan media untuk penempatan lighting, karena tinggi ceiling-nya yang luar biasa, akhirnya, dengan mempertimbangkan juga aspek artistik, rigging gawangan tadi dipasang. 

Acara yang berlangsung selama 3 hari ini, berjalan dengan sukses, termasuk proses produksi dan set-up panggung kami, semuanya lancar jaya tanpa hambatan. Setelah produksi selesai, memang ada beberapa tambahan yang harus diproduksi, hal yang biasa, sehingga kami sudah siap dengan material dan langsung dikerjakan di lokasi untuk penambahannya. Teman - teman yang akan membuat acara dan perlu design atau produksi panggung dan backdrop-nya, dapat menghubungi kami pada nomor di atas. 

0 comments:

Post a Comment