Panggung Acara BKPM Investment Award 2012


Iseng - iseng, ada yang tanya, kenapa sih di website-nya Mas Agan, buatpanggung.com lebih banyak didominasi dengan artikel dan desain panggung saja, terus, mana dong panggung yang sudah diproduksi oleh Mas Gan ? :) Pertanyaan iseng, yang cukup penting untuk dijawab nih. Yang terkini, kami baru saja menyelesaikan project pemasangan panggung dan backdrop untuk BKPM, Badan Koordinasi Penanaman Modal, untuk acara awarding tahunan yang mereka adakan bertajuk "Indonesia Investment Award 2012."

Ajang ini merupakan pemberian penghargaan tahunan bagi Kabupaten dan Provinsi dengan prestasi terbaik dalam penyelenggaraan pelayanan terpadu satu pintu atau biasa disingkat PTSP. Acara yang dihadiri oleh Kepada BKPM, Bapak Chatib Basri ini juga dihadiri oleh Menteri Perdagangan RI, Gita Wiryawan, Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzie, Menteri Perindustrian, MS Hidayat, Menteri Kehutanan RI, Zulkifli Hasan serta Menteri Perumahan Rakyat, Jan Farid. Anda bisa baca berita mengenai acara ini di berbagai harian atau website bisnis, karena Mas Gan nggak akan bicara banyak soal ini. 

Kita akan bicara mengenai panggung dan backdrop yang kami kerjakan. Pekerjaan ini sebenarnya merupakan pekerjaan yang kami dapatkan dari salah Event Organizer yang kerap bekerjasama dengan BKPM dan beberapa instansi Pemerintah dan Swasta. Dulu, di tahun 2011, kami telah mengajukan beberapa usulan desain sesuai dengan brief dari client-nya dengan mempertimbangkan kondisi di tempat pelaksanaan acara. Dimana, di Gedung BKPM ada sebuah ruangan yang kerap dijadikan lokasi sebagai acara internal mereka, di gedung tersebut, terdapat sebuah panggung permanen, bentuknya menyerupai panggung theater dengan curtain otomatis sebagai latar belakangnya. 

Bagian belakang itu, kami tutup dengan backdrop lurus berwarna putih, dengan sebuah frame screen ukuran 3 x 4 di centre, sementara di kanan dan kiri panggung logo dan title acara dipasang dengan menggunakan cutting sticker. Sementara, level panggung yang mereka miliki yang menjadi satu kesatuan dengan panggung, tidak dipergunakan sama sekali karena dipergunakan untuk menambah jarak tembak projector yang menggunakan sistem tembak belakang. Sebagai gantinya, di gedung ini sudah memiliki modul panggung dengan lapisan karpet, yang disatukan, kemudian kami cover dengan menggunakan melaminto berwarna putih. Inline dengan backdrop, melaminto ini menjadikan panggung acara awarding ini berkesan megah dan mahal. 

Proses produksi sendiri tidak mengalami kendala, karena secara teknis, pemasangan backdrop dan mengcover level panggung dengan multi, adalah pekerjaan biasa bagi para kontraktor panggung. Yang sedikit membuat proses pemasangan agak lama adalah menunggu proses cat kering, karena backdrop menggunakan sistem cat dengan cat tembok baru kemudian cutting sticker logo dipasang. Waktu loading yang diberikan H-2, menjadi waktu loading yang lumayan lama bagi kami, meskipun pada H-1 semua pekerjaan sudah selesai. 

Nah, ini cerita sekilas dari Mas Gan, untuk produksi panggung, next time, akan ditambah lagi dengan cerita proses set-up dari project pemasangan panggung lainnya. Bagi teman-teman yang berencana untuk buat panggung acara corporate event-nya, please..please, jangan sungkan untuk untuk menghubungi Mas Gan di 08777-2467968 atau langsung ke kantor di 021-7400216. 

0 comments:

Post a Comment