Panggung Acara Silaturahmi Di Hotel Sahid, Jakarta


Dalam rangka silaturahmi pendiri dan deklarator salah satu partai, tempo hari, Mas Gan bersama team berangkat ke Hotel Sahid Jakarta dalam rangka proses pemasangan panggung dan dekorasi-nya. Kali ini Mas Gan mau membahas mengenai bagaimana proses pekerjaan sebuah produksi panggung dari tahap awal sampai berakhir dengan dimulainya rangkaian acara tersebut. 

Mas Gan awali dari brief, semua proses kerja kreatif, pasti diawali dengan brief, disini, client-nya Mas Gan, seorang professional Event Organizer, yang kerap memberikan order ke Mas Gan, memberikan penjelasan mengenai keinginan client. Ia menunjukkan layout dari ruangan Puri Agung Sahid Jaya Hotel, yang berlokasi di kawasan Jl. Jend. Sudirman, Jakarta. Ia juga menceritakan mengenai keinginan client, empunya acara, yang ingin mendekor full satu ballroom Puri Agung dengan dekorasi kain berwarna biru, kombinasi antara biru muda dan biru tua, dengan rample bendera Indonesia, Merah Putih. Untuk ukurannya dari area acara sendiri sudah ada di layout tersebut. Ok..karena itu sudah ada, client wajib memberikan informasi, estimasi jumlah audiences yang akan hadir, plus set-up ruangannya sendiri dari pihak banquet hotel, akan dibuat dalam format apa? apakah dengan round table yang dapat diisi oleh 8 atau 10 audiences dalam 1 meja, atau, dalam format theater style, yaitu deretan bangku saja memanjang dalam beberapa row, atau class room, atau kombinasi salah dua dari pilihan tadi. Akhirnya, setelah sedikit berdiskusi, dipilihlah format theater style. Informasi selanjutnya adalah berapa banyak bangkunya dan jika sudah, maka informasi berikutnya adalah berkaitan dengan luas panggung. Untuk mengetahui idealnya luas panggung di sebuah acara, kita harus mengetahui akan ada performance apa saja diatas panggung tersebut, kemudian kita juga harus membandingkan antara luas area acara yang akan dipergunakan untuk kebutuhan audiences dengan luas panggungnya. Jika sudah, maka kita sudah dapat menentukan ukuran panggung yang idealnya. 

Usai brief, Mas Gan, kembali ke workshop untuk mulai mendesainkan desain panggung sesuai arahan dari client tersebut. Ngopi dulu dong :) Baru deh desain mulai dibuat. Mas Gan punya anggota team yang secara khusus mendesainkan 3D, tapi kalau load kerjanya lagi banyak, Mas Gan juga yang mengerjakannya. Proses desain dengan hasil akhir tampilan beberapa preview, nantinya akan dipresentasikan ke client, termasuk juga, pada saat presentasi akan dijelaskan mengenai ukuran, material yang akan digunakan plus beberapa alternatif material, ukuran detail dari bagian - bagian yang ada di panggung dan juga estimasi untuk biaya produksinya. Presentasi, standard dimana - mana, kita harus dapat menjelaskan dengan baik dan penuh percaya diri :) Ok..see the design, inilah hasil dari design based on brief yang sudah diterima. Dengan tampilan seperti ini, maka client-pun akan merasa sangat yakin dan percaya diri untuk mempresentasikan dan menjelaskannya ke empunya acara, termasuk juga, empunya acara akan mendapatkan gambaran mengenai luas ruangan saat sudah diisi oleh panggung dan bangku - bangku yang akan digunakan audiences. 

Proses berikutnya setelah design, biasalah, approval, kalau sudah ada approval dari client perihal design, warna dan logo yang terkait, maka, Mas Gan bersama team langsung berangkat untuk produksi. Proses produksi, biasanya menggunakan sistem on workshop dan on site. Ada beberapa kebutuhan basic yang kita buat di workshop dan ada beberapa yang memang harus langsung dipasang on site. Backdrop dengan bahan flexi, biasanya rangka dibuat di workshop dalam ukuran yang sudah diperkecil atau dipisah-pisahkan, untuk kemudian dijadikan satu rangkaian sesuai ukuran yang dibutuhkan, baru dipasang flexi. Dekorasi kain bisa dilakukan bersamaan dengan waktu set-up main stage, sehingga pekerjaan berjalan bersamaan dan harapannya, selesainya juga bersamaan. Di proses set-up ini, pas bentuknya belum keliatan, biasanya client belum terlalu rewel, tapi nanti, kalau sudah keliatan, maka, pasti akan ada beberapa masukan, pertanyaan atau complaint sekiranya dianggap client belum sesuai dengan keinginannya. 

Ok..sekarang kebayang kan bagaimana proses produksi panggung acara kalau kerjasama dengan Mas Gan? Siiip, nanti Mas Gan sambung lagi dengan cerita lain yang nggak kalah seru :) Seperti biasa, di akhir artikel ini, Mas Gan mengingatkan teman - teman yang berencana untuk membuat rangkaian acara dan perlu design serta produksi panggungnya, jangan sungkan untuk menghubungi Mas Gan di 021-68329390 atau 08777-2467968 atau ke kantor di 021-7400216. 

0 comments:

Post a Comment