Panggung Perayaan Natal di Gereja


Artikel kali ini lanjutan dari beberapa hari sebelumnya, saat Mas Gan cerita soal kejadian terjebak di lift barang. Kali ini, kita akan bahas mengenai teknis loading dan set-up panggung untuk perayaan Natal di Gereja Kemah Tabernakel, yang berlokasi di kawasan Pluit Villages, Pluit, Jakarta Utara. Setelah beberapa kali melakukan pertemuan dengan client sambil melihat panggung Gereja yang sudah ada, kami sempat melintasi lift yang rencananya akan digunakan untuk proses loading, secara ukuran masih memungkinkan. Nah, biar ada bayangan seperti apa yang kita buat di Gereja Tabernacle ini, Mas Gan ceritakan sedikit. 

Gereja Kemah Tabernakel, sebenarnya sudah memiliki panggung permanen, panggungnya sangat bagus, dialasi dengan karpet tebal costum bermotif berwarna coklat tua, sisi kanan dan kirinya juga dilengkapi dengan TV Wall yang kalau diperkirakan sekitar 2 x 3 meter. Dinding dari ruang Gereja ini juga dilengkapi dengan bahan peredam suara yang baik, akustik ruangan ini pun cukup baik. Nah, yang jadi kendala adalah, level panggung permanen yang sudah ada disana, memiliki ketinggian yang berbeda, dua sisi di kanan kiri yang memiliki ketinggian sama dipisahkan dengan level yang lebih tinggi untuk podium khotbah. 

Tugas Mas Gan, sesuai permintaan client, adalah memasangkan panggung dengan ukuran 30 x 8 meter, menutupi panggung permanen tadi dan menambahkan sekitar 4 meter ke depan. Panggung dicover dengan karpet berwarna hitam, sementara dinding panggungnya, ditutup dengan bahan melaminto berwarna hitan doff. Ada satu permintaan client yang menjadi keharusan, mereka tidak ingin panggungnya memiliki ketinggian yang berbeda meskipun sedikit, jadi semua harus berada pada level yang sama atau harus rata, dan, tidak boleh ada membal, sehingga berkesan ringkih, karena panggung yang cukup luas itu, selain akan dipergunakan untuk pertunjukan drama Natal, juga akan ada penari yang jumlahnya puluhan orang, mereka akan melompat dan bergerak diatas panggung. Pointnya adalah panggung harus kokoh, tidak boleh membal, tidak boleh ada suara, semuanya harus kuat. 

Setelah melalui proses loading yang agak bertele-tele kalau diceritakan disini, maka, Mas Gan mulai set-up modul panggung, dimana rangka modul panggung, sebagaimana tampak di foto ini, sudah dipastikan kuat, ditambah dengan penggunaan multiplek 18mm, yang kesemuanya diperkuat dengan nat, baru dicover dengan karpet. Setelah semua selesai terpasang, perwakilan dari pihak Gereja, kembali mengecek, beberapa bagian menurut mereka, masih ada ketidaknyamanan, setidaknya, setelah selesai terpasang, kami harus kembali ke lokasi untuk menangani hal tersebut agar memuaskan dan tidak terjadi gangguan saat acara berlangsung. Hasilnya, overall semuanya beres. 

Acara spesial "Christmas Country" yang berlangsung pada hari minggu, 23 Desember 2012 di Gereja Kemah Tabernakel Jakarta yang dilangsungkan pada pukul 09.00 WIB dan 12.00 WIB, dilanjutkan dengan Ibadah Perayaan Natal pada tanggal 25 Desember 2012 jam 10.30, 13.30 dan 17.00 WIB ini, berjalan dengan sukses, tanpa ada halangan dari sisi panggung yang kami pasangkan disana. Terimakasih untuk kepercayaannya kepada kami di Stage Pro, khususnya bagi Bpk. Widagdo, Mas Dedy dan Mas Hardy yang sudah menemani proses loading dan set-up. Nah, buat teman - teman yang juga membutuhkan panggung costum untuk perayaan keagamaan lainnya, jangan sungkan deh, menghubungi Mas Gan di 021-68329390, atau 087772467968, untuk permintaan marketing kit atau portfolio panggung - panggung yang pernah Mas Gan kerjakan, langsung request dengan mengirimkan SMS alamat emailnya atau email langsung. 

0 comments:

Post a Comment